MACAM-MACAM LENAN DAN FUNGSINYA

LENAN

a)    Lenan
        Lenan untuk operasi restaurant di sini ialah: taplak meja, serbet makan, glass towels, arms towels, skirt dan tray cloth. Lenan ini termasuk perlengkapan restaurant yang cukup mahal juga. Karena itu, selain pemeliharaannya dan penggunaannya harus hati-hati kontrlnya pun harus teliti. Di dalam restaurant, stock linen minimum harus dua kali lipat dengan jumlah kursinya: hingga bila yang satu kotor, harus ada penggantinya yang siap dipakai sewaktu-waktu.
       

Persediaan lenan yang baru dan bersih siap dipakai disimpan oleh house keeping department di linen room, hanya bisa dikeluarkan kalau ada surat permintaan yang telah ditanda tangani oleh Food & Beverage Manager yang biasanya dibuat rangkap dua; yang asli untuk house keeping department dan copynya atau duplikatnya disimpan di requestion book dan disimpan di food & beverage service area sebagai pegangan. 
Setiap sudah selesai operation, linen yang kotor dihimpun-dihitung-dikirim dan diserahkan ke linen room atau house keeping department untuk diganti dengan yang bersih. Serbet makan yang kotor dihitung, tiap 10 lembar dibendel menjadi satu sehingga memudahkan kontrol dan cara kita menghitung untuk kemudian ditukarkan dengan yang bersih, siap dipakai di linen room. Cara penyimpanan lenan, yang sama ukurannya dijadikan atau ditumpuk rapi menjadi satu, dengan kebalikan lipatannya menghadap kearah luar agar mudah untuk dikontrol dan dihitung. Kalau tidak disimpan di dalam almari, haruslah diberi tutup agar terhindar dari debu-debu yang melekat diatas permukaannya.
a)    Penggunaan lenan ini tergantung pada:
1.  Kelas dari restaurannya
2.  Type dari client
3.  Cost atau harga yang bersangkutan
4.  Macam-macam menu
5.   Macam-macam service yang ditampilkan



a)    Ukuran atau keadaan lenan yang normal biasanya 
1.    Taplak meja ukuran 137 cm x 137 cm atau 54 inc x 54 incUntuk meja ukuran 76 cm atau 2 feet 6 inc persegiAtau meja bulat dengan ukuran garis tengah 1 m atau 3 feet. Taplak meja dengan ukuran 183 cm x 183 cm atau 72 inc x 72 inc untuk meja ukuran 1 m atau 3 feet persegi. Taplak meja ukuran 183 cm x 244 cm atau 72 x 96 inc. Untuk meja ukuran empat persegi panjang atau dapat juga dengan taplak ukuran 183 cm x 137 cm atau 72 inc x 54 inc.

2. Slip cloth dengan ukuran 1 m x 1 m atau 36 inc x 36 inc dipakai untuk penutup “a gubby table cloth” maksudnya taplak meja yang hanya kotor sedikit atau comot.
  
3..Napkin atau serbet makan 
   Ukuran 46 cm x 50 cm atau 18 inc x 20 inc persegi bila terbuat dari kain atau: 
   Ukuran 36 cm x 42 cm atau 14 inc x 17 inc persegi bila terbuat dari kertas.

4.   Buffet cloth dengan ukuran 2 m x 4 m atau 6 feet x 12 feet ini untuk ukuran yang sangat minim. Kalau mejanya lebih panjang lagi dibutuhkan taplak meja yang lebih panjang pula.

 5. Troly dan side board cloth.
   Biasanya dibuat dari taplak meja yang sudah sobek sedikit atau cacat dan tidak dipakai atau tidak pantas lagi untuk dipasang diatas meja. Dijahit rapi oleh house keeping department dan dilipat sesuai dengan kebutuhannya untuk menutupi trolly atau side board.

6. waiters cloth atau service cloth kadang-kadang disebut juga dengan arm towels. Dipakai oleh setiap waiters untuk mencegah panas dan menjaga agar uniform tetap bersih, karena tidak mudah terkena sauce.

7.   Glass towel yang paling baik dibuat dari bahan cotton, karena mudah menyerap air.

8. Tray cloths ini biasanya dibuat dari han flanel yang juga berfungsi menyerap cairan yang tumpah dibaki, selain untuk menjaga agar tidak licin. Ukurannya macam-macam tergantung ukuran tray atau bakinya. Untuk round tray ada yang small, medium dan large. Disamping itu juga ada oblong tray.

9.  Skirt: skirt ini gunanya untuk menutup meja bagian bawah hingga kaki-kai meja tidak kelihatan. Biasanya pada meja buffet, komperensi, cocktail party atau pada special party lainnya. Ukurannya ada macam-macam, tergantung panjang meja yang kan kita beri skirting. Biasanya dibuat dari batik yang indah dengan kembangan yang serasi dan sebagainya.

10.  Oshiburry semacam handuk kecil yang agak tebal. Gunanya untuk mengelap muka tamu-tamu. Mungkin para tamu sebelum masuk restaurant itu pergi tour atau shopping dulu dan langsung mau makan ke restaurant, hingga mungkin mukanya masih berdebu atau berminyak. Oshiburry yang telah dibasahi dengan air hangat dan diperas sedikit, dibagikan kepada para tamu sesaat sebelum mulai makan. Ini hanya terdapat pada high class restaurant, di coffe shop, atau restaurant-restaurant spesial lainnya. Misalna restaurant yang menghidangkan makanan spesifik atau khusus masakan
   Indonesia, Jepang, China, India, Itali, Belanda atau masakan-masakan lainnya Oshiburry bersih dicelup dalam air panas, diperas kemudian di gulung atau di roll; sebelum tamu-tamu datang, agar oshiburry itu tetap hangat disimpan diatas uap panas. Saat tamu-tamu datang oshiburry yang lembab jadi ditetesi dengan “Eau de Cologne” untuk penyegar, disusun didalam basket yang mungil dan kemudian dibagikan kepada tamu. Oshiburry yang kotor segera dikumpulkan, disimpan dalam tempat lenan kotor untuk nantinya dikirim ketempat pencucian atau laundry. Jadi oshiburry ini termasuk lenan perlengkapan restaurant yang penting juga.

Komentar

  1. Penggunaan skirt cloth dalam penataan meja berfungsinya apa ya kasih tau dong??

    BalasHapus
    Balasan
    1. skirt cloth ini gunanya untuk menutup meja bagian bawah hingga kaki-kai meja tidak kelihatan.

      Hapus

Posting Komentar