MACAM-MACAM GLASSWARE



A.    Pengertian glassware
Gelas merupakan salah satu peralatan pelengkap untuk ditata di atas meja yang tidak kalah penting dibanding peralatan lainnya dalam menunjang penampilan di atas meja dan suasana penampilan di restoran.

B.     Macam-macam glassware yang di pergunakan untuk keperluan restoran atau bar yang pada umumnya adalah sebagai berikut:

 






         
     


A.    Berbagai jenis gelas untuk restoran, cafe dan bar
ü Unstem Glass adalah gelas biasa tanpa tangkai kaki, sedangkan Stem Glass adalah gelas yang memiliki tangkai kaki.
ü Stem Glass digunakan untuk minuman dingin tanpa es dimana diinginkan kondisi suhu yang tidak berubah, sedangkan Unstem glass digunakan untuk minuman yang dicampur es batu.
ü Old Fashioned adalah unstem glass yang lebih pendek, dengan ukuran antara 7 – 10 oz.  Gelas ini digunakan untuk menyajikan minuman kerasdistilasi (spirit) dengan es.


  


1)    High Ball
Unstem Glass yang lebih tinggi, untuk menyajikan spirit with mixer seperti Whisky coke, Vodka tonic, Gin Tonic.

    


2)    Shot Glass
Shot Glass untuk menyajikan spirit tanpa es atau straight, plain , pure atau neat. Ukuran 1 0z – 2 0z

 



3. Pilsner Glass dan Beer Mug untuk menyajikan bir
     


1)    Berbagai macam Stem Glass terbagi lagi berdasarkan jenis minuman nya :
a)    Wine glass
Bagian bibir gelas lebih kecil daripada badan gelas.  Untuk gelas white wine ukuran nya  lebih kecil daripada red wine, seupaya white wine bertahan dingin lebih lama.  White wine disajikan dengan temperatur 10 -12 C sedangkan red wine 18 -20 C.


  




B)    Brandy SnifterUntuk menyajikan Spirit jenis Brandy atau Cognac dengan atau tanpa es biasanya gelasnya dipanaskan terlebih dahulu sebelum brandy atau cognac dituangkan, agar aroma Brandy terutama Cognac saat di sajikan akan keluar.

 



C)    Champagne Glass

 



D)    Cocktail or Martini Glass

 


E)    Poco Grande untuk menyajikan minuman campuran hasil kreasi bartender
   


F)    Irish Coffee Glass untuk menyajikan special hot coffee drink

 
A.    Langkah-langkah merawat dan mencuci peralatan glassware
1.      Mencuci : Sebelum mulai mencuci, pisah-pisahkan dahulu peralatan yang polos dan bermotif, besar dan kecil untuk mempermudah pekerjaan. Bilas gelas dengan air bersih lalu cuci dalam air sabun yang ringan/encer hingga seluruh bagiannya terendam. Gosok-gosok lalu bilas air bersih dan tiriskan. Khusus untuk perlatan kaca dengan motif gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran yang lekat di lekuk-lekuk hiasannya. Khusus untuk peralatan yang bernoda, gosok dahulu dengan larutan air jeruk nipis atau cuka. Larutan ini juga memberi aroma segar pada gelas.
2.      Mengeringkan: Sebaiknya keringkan gelas dengan cara digantung terbalik. Jika tak ada gantungan, gunakan baki plastik, taruh gelas dalam posisi menghadap ke bawah. Taruh sebuah baki di atas kaki-kaki gelas dan tumpuk kembali dengan gelas lain hingga lebih menghemat tempat. Untuk cara praktis, gelas bisa langsung dilap dengan serbet halus dan bersih hingga kering benar. Jangan memakai baki kayu karena akan meninggalkan aroma kayu pada gelas yang cukup kuat.
3.      Menyimpan: Simpan peralatan gelas di tempat yang kering dan bertutup agar tidak mudah berdebu. Jangan sekali-sekali menaruh kamper dalam lemari karena aromanya akan melekat kuat pada gelas. Sebagai pengganti bisa dipakai daun teh kering sehingga aromanya jadi lebih segar.





 

Komentar

Posting Komentar